Thursday, August 12, 2010

Mengamankan Kompu/Laptop dr FlashDisk/MemCard yg BerVirus

Seringkali kita mendengar ancaman virus yang memang sengaja ditularkan melalui media FlashDisk. apalagi kalo agan adalah mahasiswa yang gonta-ganti pasangan (FlashDisk maksudnya bukan cewe)
banyak sekali virus2 yang menginfeksikan diri dengan cara merubah tampilan nya mirip dengan folder windows
cara kerja virus2 macam ini memanfaatkan fungsu Autorun.inf yang langsung aktif ketika FD ditancapkan pada USB korban. File virus akan langsung dieksekusi dan virus beserta cloning2nya akan langsung ngendon di folder2 windows.
ada software bagus yang saya rekomend untuk agan2 semua. namanya FDGuard.
software kecil ini berguna untuk merename file virus agar tidak bisa aktif lagi. File "Autorun.inf" akan diubah menjadi "Autorun.in_" file ".exe" jadi ".ex_"
Misal virus kita ibaratkan kaya kepiting nah file ini akan memotong kaki2 dan capit kepiting yang berbahaya siap untuk digoreng deh
Apa kelemahan dan kelebihan FDGuard?

Oke kita bahas kelemahan dulu...
* Cara pemakaian mungkin agak sulit bagi sebagian orang. Tetapi dengan membaca cara penggunaan saya yakin semua orang bisa.
* Ada sejumlah laporan yang mendeteksi Tool in sebagai virus tapi saya sendiri secara pribadi belum pernah menjumpai Tool ini dideteksi sbg virus, anvir yg pernah sy pakai AVG, Avast.
* Tidak bisa membedakan mana virus dan file program. Kita ketahui program komputer kebanyakan berekstensi ".exe", begitu juga virus. Sehingga begitu flashdisk dimasukkan, semua file yang berekstensi ".exe" yang berada di root directory FD akan langsung dirubah menjadi file yang berekstensi ".ex_". Tapi tenang aja, bagi saya hal ini malah menjadi kelebihan dari tool ini. Untuk itu, kita hanya tinggal merubah program yang berekstensi ".ex_" menjadi ".exe".
apa sih root directory? wah jadi panjang nih cerita. root dir adalah ujung dari semua direktori misal ada direktori "C:\gambar" nah ujungnya adalah direktori "C:\" saja ngerti khan


Kelebihannya
* Saya jamin tool ini 99% bisa melindungi komputer dari virus yang ditularkan melalui FD, sisanya adalah kecerobohan kita sendiri biasanya dr download aneh di internet dan masuk ke situs aneh2 pula, hehehe...
nanti saya akan share bagaimana membentengi browser dr serangan script situs malware.
*setelah tool dijalankan akan langsung aktif di memory dan tidak mudah untuk di "kill" atau di "disable" karena tool ini tidak tampak di tray icon, hanya tampak di ujung kanan atas monitor. dengan tampilan huruf "GAR".
* Memunculkan kembali file yang tersembunyi di FD.
* Ukuran Kecil, 87,2kB.
* Virus baru "MUNGKIN" bisa lolos dari antivirus terbaik dan terkenal. Tapi kalau tool ini, gak kenal ampun deh!!! Virus lama kek, baru kek, langsung nyahok!!! asal penularan dr FD lho ya kalo inet laen lagi.
*Gak peduli pakai antivirus atau gak, apapun bahasa pemrog yg dipakai si virus , aplikasi ini gak pakai scan-scan langsung rename jadi kita bisa tenang dan santai. gak takut salah klik bahwa itu adalah file virus.
*Gretong alias No Payment at All
* Buatan anak Indonesia, bangga donk!!!


Cara Pemakaian
Setelah download, dan ekstrak zip, foldernya bisa disimpan di mana aja, kalo mau taruh di "c:\" jadinya "C:\FDGuard\", atau nama lain juga boleh, suka2 saja. Untuk menggunakan tool ada juga manualnya kok.

Manual

Quote:
FDGUARD 10-02-2007 by mr. orche! [mr_orche@yahoo.com] [
Code:
http://www.yudi.co.nr]
DESCRIPTION
Program ini memantau flashdisk dan me-rename file EXE, SCR dan COM menjadi EX_, SC_ dan CO_ ketika flashdisk dipasang ke soket USB.

Program ini sengaja dibuat dengan tampilan yang sangat kecil, tidak muncul di Taskbar, dan 'agak susah' dioperasikan agar tidak di-close oleh tamu yang numpang pake komputer karena risi atau 'sok tahu'. Karena kadang2 ada orang yang ga begitu ngerti virus, tapi sok tau banget, kalo dikasih tau ngga mau tau, dan akhirnya malah masukin virus ke komputer tanpa sengaja. Karena pengalaman seperti muncul ide membuat program ini

Program ini gratis dan boleh disebarkan secara bebas, malahan dianjurkan. Bukan untuk unjuk gigi atau pamer, tetapi sebagai bentuk kepedulian saya terhadap para pemakai komputer yang selalu dipusingkan oleh virus... Sulit mengatakan 'jangan buat virus' kepada para pembuat virus, jadi, inilah salah satu cara saya menghambat penyebaran virus.


HOW TO...
= Jalankan install.bat untuk menginstal program FDGuard, selanjutnya program akan otomatis jalan ketika windows loading.
= Untuk mengaktifkan Autocheck, tekan Shift+A (Autocheck). Jika autocheck aktif, setiap flashdisk yang masuk akan segera diperiksa isinya, jika ditemukan file EXE, SCR atau COM, file tersebut akan diubah menjadi EX_, SC_ atau CO_. Defaultnya, mode Autocheck aktif. Untuk me-nonaktifkannya, tekan kembali Shift+A.
= Untuk mengembalikan semua file EX_, SC_ atau CO_ di flashdisk ke ekstensi EXE, SCR, atau COM, tekan Shift+R (Restore). Operasi ini akan mengakibatkan mode Autocheck non-aktif.
= Untuk mengakhiri program, tekan Shift+Q (Quit).
= Setiap penekanan tombol (Shift+A/R/Q), harus diawali dengan memindahkan fokus ke program FDGuard, yaitu dengan mengklik salah satu objek pada program FDGuard (susah ya pakenya?)


LIMITATIONS
= Hanya memeriksa root directory di flashdisk, tidak memeriksa folder-folder yang ada di flashdisk.

Send ur comment 2 me...

Salam buat jagoan_virus, pedhet, yoseph franky s., e.s.r.p.n., d.a.s. [dosen UAD?], cah2 smunsakra lulusan 98, cah2 njetu kabeh, konco2 tempurjo, echo staff [especially for lirva], non VM-oriented echo members, the_average_coder...
Quote:
Source code untuk FDGuard ini dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan, selama nama pembuatnya yang semula tidak dihilangkan/diubah.
----------------------------------------------------------------------------------

Rebuild by LucuBRB@KocokJaya Team

Changes log :
- Added extension *.VBS
- Added extension *.INF
- Added extension *.BAT
- Added function unhide all file[s]/folder[s] at flashdisk
- Added Startup when load windows

Greet's to :
Heryudi Praja [Owner Program], movzx[KJT], rUsh_mAn[KJT], MasMetal[B@S], orakanggo, penjahat[ICS], [4NV|e], Ganis W, SG, SB, CM[IRIS], NB[IRIS], BS[IRIS], bintang1309, Ansav Team, iNRev Team, SROeR Team, CCPB'ers, Echo, forummikrotik, dll dll dll...

downlod FDGuard
Fdguard yang ini direbuild lagi dari versi asli-nya, jadi ekstensi yang kena rename di tambah lagi dan beberapa fitur tambahan.

http://www.indowebster.com/FDguard.html
Semoga Berguna yahh

1 comment:

Unknown said...

FDGuard 1.20 (okt 2010) dapat didownload di http://mantab.noads.biz/index.php?page=article_show.php&id=fdguard