Thursday, April 23, 2009

Merawat Anis Merah yang masih kecil

Menurut Cerita Mbak Zakif,burung mbak tergolong masih muda hutan,jadi emang perlu perawtan yang ekstra sabar.
Kalo dari cerita mbak perawatannya sudah benar,tapi ada perlu dipoles lebih jauh dikit.
Pertama Benar emang burung itu harus dipisah antara satu dengan yang lain nya tapi lebih menunjangnya jangan sampe ketemu dengan anis merah lain yang udah bunyi.KaLo sekedar burung lain jenis gpp karena itu burung masih muda jadi perlu mendengar suara2 yang lain nya ya ibaratnya sekali mendayung 2 3 pualu terlampaui,jadi ibarat sembari mengasuh bayi juga perlu mendidik mentalnya juga dengan mendengarkan burung lain yang sudah gacor.
Mengapa? pertama untuk melatih mental si piyikan,kedua untuk mengisi isian dari si piyik itu sendiri ,diharapkan nantinya akan meniru dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Yang kedua masalah penggantangan emang untuk lebih cepat proses pembunyian si burung emang alangkah lebih baiknya jika lebih baik ditempatkan di daerah berhawa dingin seperti kamar mandi atau dekat dengan pancuran air.
Yang ketiga dari segi perawatan,mandi jemur sih tetp seperti biasanya,kalo di masalah krotonya itu gpp diberikan tiap pagi hari tapi dengan takaran yang pas yaitu setengah sedok teh,mengapa alesan nya kalo burung kebanyakn kroto itu akanmenjdi burung yang gemuk jika tidak ditunjang dengan penjemuran yang berarti.Mengapa diberi kroto tiap hari alesan nya karena ibaratnya kita mengambil hati si burung atau memanjakan si burung,karena emang di tempat aslinya kanemang dia dr bayi suka sama ekstar kroto seperti itu.Kalo cacing sih itu nggak masalah kalo nggak diberikan karena itu hanya faktor kesenangan aja,mengapa karena alesan pertama percuma diberi cacing karena nggak akan ngefek dengan perubahan si burung kecuali dengan burung dewasa dan udah bocor.Karena fungsi cacing adalah untuk menambah sifat telernya.Jika kita berikan ya gpp asaal tidak setiap hari kasih aja seminggu dua kali.Jadi hanya bersifat sementara untuk sekarang ini. Kalo udah dewasa dan bocor udah beda lagi rawatannya.
Coba kasih dengan ulat bumbung seekor pagi aja dengan jangkrik 2 ekor pg 2, sore terus kasih tuh menu buah kasih juga seperti pisang,pepaya, melon atau apel merah.

No comments: